cara pakai serum scarlett yang baik dan benar

Cara Pakai Serum Scarlett yang Baik dan Benar

Garcep.com – Tak sedikit yang menganggap proses pembersihan wajah, penggunaan krim, pelembap, dan tabir surya, serta eksfoliasi ampuh untuk merawat wajah. Penggunaan serum kerap diabaikan. Entah karena harganya yang cenderung mahal, atau pengetahuan yang kurang.

Faktanya, masih banyak yang kurang paham mengenai cara pakai Serum Scarlett yang benar. Padahal, jika penggunaannya kurang tepat, manfaatnya pada kulit tak bisa dirasakan secara maksimal.  Serum diaplikasikan setelah membersihkan wajah, sebelum mengoleskan pelembap. Serum dikemas dengan berbagai bahan super yang dirancang untuk bisa menembus kulit dengan cara yang tak bisa dilakukan oleh pelembap sehari-hari.

Serum terdiri dari molekul yang lebih kecil, dapat menembus jauh ke dalam kulit, dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Penggunaan serum juga membantu memaksimalkan berbagai produk perawatan wajah yang diaplikasikan sesudahnya.

Cara menggunakan serum secara tepat

Meski harganya lebih mahal, tapi banyak kalangan remaja untuk mendapatkan manfaat yang lebih spesifik, seperti menghaluskan kerutan pada wajah, meningkatkan kekenyalan kulit, mempercepat regenerasi sel kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, dan mengoreksi diskolorasi. Nah, jika pemakaian serum tidak tepat, Anda terancam tidak akan mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.

Untuk Anda pemakai serum newbie atau Anda yang sudah menggunakannya dalam beberapa waktu belakangan tapi ragu sudah mengaplikasikannya secara benar, berikut di bawah ini adalah cara penggunaan serum yang tepat.

Bersihkan wajah terlebih dulu

Perlu diketahui, bahan aktif dalam serum bisa dengan mudah menempel pada kotoran dan kulit mati. Jadi, demi penyerapan maksimal, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakan serum.

Cucilah wajah dengan air hangat. Air yang terlalu panas membuat kulit berkeringat, sehingga dapat menghambat penyerapan. Penggunaan air dingin bisa menutup pori-pori yang akhirnya menghalangi serum untuk menembus kulit.

Baca Juga :  Cara Setting Jam Digital Masjid

Bagaimana Cara Pakai Serum Scarlett yang Baik dan Benar?

Pakai serum saat kulit masih lembap

Ada yang bilang, kulit yang lembap daya serapnya 10 kali lipat lebih baik ketimbang kulit kering. Karenanya, aplikasikan serum pada kulit yang masih lembap setelah mencuci muka atau setelah mengusap toner bebas alkohol. Setelah mengoleskan serum merata di wajah, tekan dengan telapak tangan terbuka (bukan dengan ujung jari) untuk melepaskan bahan aktifnya.

Jangan langsung mengaplikasikan pelembap

Ingat, serum beda dengan pelembap. Serum membutuhkan “rekan kerja” berupa pelembap. Untuk penyerapan serum maksimal, setelah membersihkan wajah tunggulah setidaknya 5 menit sebelum mengoleskan pelembap. 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebelum menggunakan serum tunggulah selama 10-15 menit setelah membersihkan wajah. Serum dengan formula yang baik akan dengan cepat terserap kulit. Jika serum meninggalkan residu minyak atau lengket, ini pertanda serum tidak bekerja seperti seharusnya.

Tak perlu banyak-banyak

Kandungan serum sangat terkonsentrasi. Karena untuk pemakaiannya, lebih sedikit lebih baik. Hanya beberapa tetes (tak lebih dari ukuran kacang polong) sudah cukup. Penggunaan yang lebih banyak tak akan menambah manfaat apa pun.

Hindari pewarna dan pewangi

Saat ingin membeli serum, hindari cairan serum yang berwarna-warni atau yang wangi. Beberapa kriteria serum yang baik adalah warna dan baunya tidak menarik. Serum yang bagus mengandung bahan aktif untuk menargetkan perbaikan dan peremajaan kulit. Tambahan pewarna dan pewangi tidak menambahkan manfaat apa-apa, justru bisa menghambat daya serap.

Pilih serum berdasarkan kebutuhan, seperti:

Untuk menjaga kelembapan kulit, pilih serum yang mengandung asam hialuronat. Kandungan tersebut berperan untuk menjaga kelembapan kulit dengan menahan air di dalam lapisan kulit. Untuk mencerahkan kulit, pilih serum yang mengandung vitamin C. Kulit yang tampak kusam dapat terjadi karena paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok, dan faktor genetik. “Vitamin C berfungsi untuk mencerahkan kulit dan berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. 

Baca Juga :  Cara Mudah Setting Stb Indihome dengan Wifi

Untuk mencegah penuaan dini, pilih serum dengan kandungan retinol. Retinol bekerja mencegah kerutan halus pada wajah dan mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, untuk kebutuhan ini Anda juga memilih serum yang mengandung kolagen untuk mengencangkan kulit. Serum merupakan produk perawatan kecantikan yang hebat, khususnya untuk menargetkan perawatan kulit yang lebih spesifik. Meski demikian, cara pakai serum yang benar harus diperhatikan. 

Banyak orang yang menganggap serum dan essence sama saja. Memang tidak salah, karena kedua produk ini sama-sama berfungsi untuk mengatasi garis atau kerutan halus, bintik gelap, serta membuat kulit tampak lebih cerah. Meski demikian, keduanya berbeda.

Tekstur cairan serum lebih tebal

Serum pada umumnya mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi untuk mengatasi masalah kulit wajah yang spesifik. Konsentrasi dalam serum menjadikan konsistensi cairan serum lebih tebal. Serum juga memiliki partikel lebih halus sehingga mudah terserap ke lapisan kulit paling dalam.

Essence adalah produk dengan konsentrat bahan aktif yang cukup tinggi, tetapi tidak setinggi serum. Teksturnya lebih cair ketimbang cairan serum, sehingga sebagian orang menjulukinya sebagai “serum ringan”. Gunanya tak jauh beda, yaitu bisa mengatasi masalah kulit tertentu.

Meski berbeda, tetapi pada beberapa brand kecantikan, serum dan essence bisa memiliki definisi dan fungsi yang sama. Sebagai contoh, pada beberapa produk perawatan kulit Korea dan Jepang, tak sedikit yang menggunakan istilah essence untuk menggantikan istilah serum.

Cara pakai

Serum dan essence bisa dimasukkan ke dalam ritual kecantikan. Sebagian besar ahli merekomendasikan Anda untuk membersihkan wajah terlebih dulu, lalu aplikasikan essence, dan selanjutnya serum. Meski demikian, penggunaan kedua produk dalam waktu bersamaan tidak sepenuhnya diperlukan. Pemakaiannya harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah tiap individu.

Baca Juga :  2 Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen

Jika kulit cenderung berminyak atau berjerawat, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan produk serum yang konsistensinya lebih tebal, karena akan memperburuk kondisi wajah. Pada jenis kulit ini, memilih essence lebih tepat—menyegarkan, menghidrasi, dan tidak terlalu lembap.

Jadi, Mana yang Lebih Baik: Serum atau Essence?

Karena serum dan facial essence memiliki target pada masalah kulit yang sama garis halus, tanda-tanda penuaan, jerawat, atau kulit kering –sebetulnya penggunaan kedua produk ini sama baiknya. Namun, pemilihan dan penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing individu.

Jika Anda percaya pada satu bahan aktif tetapi jenis kulit cenderung kering, proses hidrasi bisa dengan produk dengan konsistensi pekat seperti serum. Namun jika ingin melawan efek penuaan tetapi jenis kulit cenderung berminyak atau sensitif, sebaiknya pilih essence untuk meminimalkan iritasi dari bahan aktif yang terkonsentrasi.

Jadi, mana yang lebih baik untuk kulit wajah, serum atau facial essence? Jawabannya tergantung dari target yang ingin dicapai dan kondisi kulit. Untuk memastikan kondisi kulit, langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dermatolog atau dokter spesialis kulit kelamin. Jika produk sesuai dengan kondisi kulit serta didukung dengan pemakaian dengan benar, kerja dari serum atau essence yang dipakai akan optimal. Demikianlah Artikel tentang Serum Scarlett semoga bermanfaat terima kasih.

Pencariain berdasarkan kata kunci Cara Pakai Serum Scarlett,Cara Pakai Serum Scarlett Acne,Cara Pakai Serum Scarlett Acne Yang Benar,Cara Pakai Serum Scarlett Brightly Ever After Serum,Cara Pakai Serum Scarlett Pink,Cara Pakai Serum Scarlett Whitening,Cara Pakai Serum Scarlett Whitening Brightly,Cara Pakai Serum Scarlett Whitening Brightly Ever After,Cara Pakai Serum Scarlett Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *