Breaking News
garcep.com Cara Memasang Pompa Air Yang Baik Dan Benar

Cara Memasang Pompa Air Yang Baik Dan Benar

Garcep.com – Cara Memasang Pompa Air Yang Baik Dan Benar, Menggunakan pompa air masih menjadi idola sebagian orang, terutama di wilayah pedesaan.

Entah karena harganya yang murah, atau karena pelayanan air dari pemerintah tidak sampai, keduanya mungkin saja menjadi alasan yang tepat.

Memasang pompa air bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan tanpa harus memanggil teknisi. Karena itulah, kamu pun pasti bisa melakukannya.

Tapi sebelum itu, ada baiknya jika kamu tahu cara memasang pompa air yang baik dan benar terlebih dahulu. Baik memasang pompa air untuk sumur yang dangkal, maupun sumur yang dalam, semuanya akan kami bahas di sini.

Sebelum belajar cara memasang pompa air yang baik dan benar, ada baiknya jika kamu memperhatikan dulu beberapa hal, seperti spesifikasi pompa yang tepat untuk digunakan pada sumurmu, dan juga brand dari pompa air itu sendiri.

Pilih pompa air yang tepat

Spesifikasi pompa yang kamu gunakan sangat penting sekali untuk diperhatikan. Terutama kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi di lapangan.

1. Ukur kedalaman permukaan air

Sebelum membeli pompa, ada baiknya jika kamu mengukur kedalam air terlebih dahulu. Jika kedalaman permukaan air sumurmu kurang dari 7 meter, gunakanlah pompa air sumur dangkal. Untuk yang dalamnya berada di kisaran 7-9 meter, bisa menggunakan pompa air semi jet pump. Bagi sumur yang kedalaman permukaan airnya lebih dari 14 meter, cocok jika menggunakan pompa air celup. Terakhir, untuk yang dalamnya 20-30 meter, gunakanlah pompa air jet pump.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Jika kamu membutuhkan air dalam jumlah yang besar, maka kamu bisa menggunakan pompa air yang memiliki daya hisap kuat. Sehingga, pompa air tersebut bisa menyedot air dengan debit yang besar. Tapi, jika kamu hanya membutuhkan air dalam jumlah yang sedikit, disarankan menggunakan pompa yang memiliki daya hisap biasa. Hal itu bisa menghemat pengeluaran listrikmu.

Baca Juga :  Perbedaan Slow Cooker dengan Steam Cooker

3. Pilih pompa yang tidak berisik

Memilih pompa berdasarkan suaranya juga penting. Karena, beberapa pompa air memiliki suara yang mengganggu. Hal itu bisa saja mengganggumu dan juga seluruh anggota keluarga yang ada di rumah. Jadi, ada baiknya jika kamu perhatikan dengan benar suara pompa yang akan kamu pilih. Pilihlah yang bersuara halus atau tidak terlalu berisik.

4. Pilih yang berkualitas/dari brand terbaik

Memilih pompa yang berkualitas juga penting sekali. Sebaiknya kamu cari lebih detail tentang build quality dari semua brand pompa yang tersedia. Tapi, kamu juga bisa memilih langsung berdasarkan popularitas dari brand-nya.

Pompa air dari brand Shimizu, Yamaha, Sanyo, Panasonic, dan beberapa yang lainnya, dinilai bagus dan juga awet. Meskipun harganya mungkin lebih mahal, tapi menurut saya layak dengan kualitas yang didapatkan.

Cara pasang pompa air yang baik dan benar

Memasang pompa air tidak serta-merta dilakuakan dengan proses yang sama. Sebelum kamu mulai memasang, ada baiknya jika kamu tahu dulu apakah sumurmu itu dangkal, atau dalam.

1. Cara pasang pompa air untuk sumur dangkal

Sebelum mulai action, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah:

  • Pompa air sumur dangkal atau semi jet pump
  • Pipa PVC ukuran 1¾ atau ½ inch secukupnya
  • Sock dan Shock drat(sesuaikan dengan ukuran pipa)
  • Knee
  • Tusen klep
  • Lem pipa
  • Water mur

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pasang shock drat luar di bagian in out pompa (ketebalan selotip harus cukup agar tidak mengalami kegagalan).
  2. Pasang tusen klep pada ujung pipa untuk mencegah air kembali ke sumur.
  3. Masukkan pipa yang sudah dipasangi klep ke dalam pipa casing yang ada di sumur bor, sambingkan juga dengan pipa lainnya jika ada beberapa.
  4. Kemudian pasang water mur pada bagian atas paralon yang menuju pompa.
  5. Pasang vlok sok drat luar berukuran 1 ¾ pada lubang hisap pompa. Jangan lupa untuk melapisi drat dengan selotip
Baca Juga :  Spesifikasi Mesin Cuci Maspion Mmc 9972

2. Cara pasang pompa air untuk sumur dalam (jet pump)

Setelah mempersiapkan bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya terbilang cukup sama seperti yang di atas, tapi beberapa perbedaan seperti pompanya dan juga jumlah bahan-bahannya. Dilansir dari kelistrikanku.com, berikut adalah cara-cara memasang pompa air sumur dalam jet pump.

  1. Buat dulu gambar rancangan jet pump yang ingin diterapkan
  2. Sambungkan tusen klep dengan saringan
  3. Sambungkan tusen klep pada SDL, sambungkan SDL pada pipa.
  4. Sambungkan SDL lainnya mata mata jet bagian bawah.
  5. Setelah itu sambungkan sok drat lain pada mata jet.
  6. Kemudian sambungkan SDL pada pompa air, dan sambungkan juga pipa dorong dan pipa hisap.
  7. Kemudian sambungkan pipa berukuran 1.25 inchi pada sok dratnya yang sudah disediakan.
  8. Masukkan pipa ke dalam air dengan panjang secukupnya, dan pastikan mata jet sudah tenggelam kedalam sumber air.
  9. Kemudian sambungkan pipa hisap dan pipa dorong dengan menggunakan knee (jangan menyambungnya pada bagian pipa untuk pompa jet pump).
  10. Sambungkan pipa untuk output, dan jangan lupa untuk menggunakan keran.

Demikianlah tata cara untuk memasang pompa air sumur dangkal dan juga sumur dangkal. Untuk penyambungan pipa, jangan lupa untuk menggunakan selotip khusus pipa agar sambungannya lebih kuat.

Sebenarnya sangat sulit sekali menjelaskan cara-caranya jika hanya menggunakan kata-kata saja. Jadi, untuk referensi yang lebih jelas lagi, kamu bisa mencari di sumber lainnya. Tapi, kamu juga bisa langsung mempraktekannya agar bisa memahami lebih dalam.