Breaking News
garcep.com Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Garcep.com – Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector, Apakah kamu sedang mengalami masalah hardisk bad sector? Jangan khawatir. Karena, ada beberapa cara memperbaiki hardisk bad sector yang bisa kamu lakukan dengan cukup mudah.

Bad sector secara sederhanya adalah adanya suatu bagian/sektor di dalam hardisk yang rusak. Sehingga, hal itu menyebabkan hardisk tidak merespon dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan data. Istilah lainnya tidak bisa digunakan write dan read.

Selain itu, bad sector ini juga cukup berbahaya lho. Karena bisa menyebabkan hilangnya data-data yang kamu miliki. Karena itulah, ada baiknya jika kamu langsung mencari solusinya dan juga mulai memperbaikinya.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat menemui masalah ini? Nah sebelum itu, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bad sector dan juga penyebabnya.

Ciri-ciri hardisk terkena bad sector

Apakah hardisk-mu bad sector? Mungkin saja hal itu sedang kamu alami, tapi kamu tidak menyadarinya. Karena itulah. Sebaiknya kamu ketahui dulu ciri-cirinya.

  • Hardisk sangat lambat saat sedang membaca file
  • Tidak bisa/gagal menyimpan file
  • Terjadi kegagalan saat membuka file yang tersimpan
  • Komputer sering mengalami macet total saat membuka berkas yang ada pada hardisk
  • Bunyi hardisk terdengar tidak normal
  • Komputer stuck saat proses booting

Jenis-jenis hardisk bad sector dan juga penyebabnya.

Secara garis besar, setidaknya ada 2 jenis bad sector yang sering ditemui oleh orang-orang. Kedua jenis ini memiliki penyebab yang berbeda-beda, bahkan ada diantaranya yang tidak bisa diperbaiki. Berikut penjelasannya.

1. Hard bad sector

Masalah ini merupakan mimpi buruk bagi hardisk-mu. Karena, jika kamu mengalaminya, dapat dipasikan hardisk-mu tidak bisa diperbaiki lagi. Lalu, apa sih penyebabnya? Silahkan simak dengan baik.

  • Bisa karena head hardisk menyentuh sektor, kemudian merusaknya.
  • Bisa juga karena debu yang masuk
  • Hardisk yang pernah terjatuh juga bisa menjadi penyebabnya
  • Jika semua penyebab di atas dirasa tidak mungkin, maka usia hardisk bisa menjadi penyebabnya.
  • dan masalah fisik lainnya.
Baca Juga :  7 Cara Memotong Video di Laptop dan Android

Seperti yang saya katakan di atas, masalah ini tidak bisa diperbaiki. Jadi, sepertinya kamu harus mulai mengucapkan selamat tinggal data-datamu yang ada pada hardisk tersebut.

2. Soft bad sector

Berikut adalah penyebab soft bad sector

  • Adanya sektor hardisk yang tidak bisa berfungsi dengan baik
  • Selain itu, software yang eror dan masalah dalam sistem operasi juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk ini, sepertinya kamu tidak perlu mengucapkan selamat tinggal pada data-datamu. Karena, masalah ini bisa langsung kamu perbaiki secepat mungkin. Untuk mengetahuinya, sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai.

Baiklah, setelah mengatahui jenis-jenis dan penyebab hardisk bad sector, sekarang waktunya bagi kamu untuk mengatahui cara memperbaikinya.

Cara memperbaiki hardisk bad sector

Untuk memperbaiki hardisk yang bad sector, tepatnya soft bad sector, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Saya akan menjelaskannya dengan rinci. Silahkan di simak baik-baik.

1. Memperbaiki hardisk bad sector lewat Command Promt (CMD)

Cara yang pertama ini bisa menjadi pilihan utamamu sesaat setelah kamu menyadari hardisk mengalami bad sector. Selain itu, CMD juga merupakan tool bawaan pada Windows.

Berikut adalah cara-caranya.

  1. Silahkan buka terlebih dahulu Command Prompt yang ada di shortcut di menu start. Jika tidak ada, kamu bisa membukanya lewat direktori C:\Windows\system32\cmd.exe. Gunakan run as administrator.
  2. Setelah masuk, silahkan ketik CHDSK /R /F  D:.
  3. Kemudian klik enter, dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Durasi proses ini tergantung pada kapasitas hardisk.

2. Memperbaiki hardisk bad sector dengan cara Disk Check Tool

Jika kamu ingin memperbaiki hardisk bad sector yang tidak menggunakan software khusus, maka cara yang satu ini bisa menjadi solusinya. Selain itu, cara disk check tool ini terbilang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Baca Juga :  Cara Setting Jam Digital Masjid

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Tekan Windows + E pada keyboard komputer, atau langsung saja buka Windows Explorer.
  2. Setelah masuk, silahkan klik kanan pada disk yang ingin di cek, kemudian pilih Properties.
  3. Klik tool, kemudian klik Check pada Eror checking.
  4. Sebelum proses pengecekan di mulai, ada sebuah kotak dialog yang harus kamu centang. Centang saja keduanya jika kamu ingin mengeceknya dan memperbaiki bad sector secara menyeluruh. Tapi jika hanya ingin mengeceknya, silahkan centang yang pertama saja.
  5. Setelah itu, klik Start untuk mulai mengecek dan memperbaiki.

Lamanya proses ini juga tergantung dari kapasitas hardisk pada komputermu.

3. Cara memperbaiki hardisk bad sector dengan software SpinRate

Software ini memang bukan bawaan dari Windows. Tapi, kamu bisa menggunakannya untuk memperbaiki hardisk bad sector.

Jika kamu bertanya-tanya siapa pembuatnya, nama orang yang membuat SpinRate adalah seseorang bernama Gibson Researc.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Unduh software spinrate, kemudian langsung saja buka.
  2. Kamu bisa beberapa pilihan media untuk dijadikan bootable. Diantaranya adalah disket, Boot CD, dan flashdisk.
  3. Untuk memudahkanmu, gunakan saja flashdisk, dan pilih Instal SpinRite on Drive. Tapi, jika ingin menggunakan bootable CD, silahkan pilih Create ISO or IMG File.
  4. Jika menggunakan bootable, tekan dan tahan huruf pada keybord sesuai letak drive flashdisk sekitar 10 detik. Setelah itu silahkan klik Install Bootable SpinRite. Tunggu sampai selesai, dan klik close.
  5. Restart komputer kemudian masuk ke Bios. setelah itu, silahkan atur/setting booting yang pertama ke flashdisk. Jika menggunakan CD, silahkan pilih Drive CD untuk pilihan booting pertama.
  6. Setelah berhasil, maka kamu akan diarahkan ke halaman interface SpinRite. Di sana akan ada 5 opsi level perbaikan. Silahkan pilih opsi yang kamu inginkan.
Baca Juga :  8 Kelebihan Antena PF Digital 500

Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk bad sector. Semoga bermanfaat.

Pencariain berdasarkan kata kunci Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cmd,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Hdd Regenerator,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Hiren,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Sentinel,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Melalui Cmd,Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tidak Terdeteksi