Breaking News
Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Jerawat bruntusan merupakan sebuah masalah yang sering terjadi pada wajah dan paling dihindari wanita bahkan  juga seorang pria sekalipun.

Terdapat begitu banyak penyebab munculnya bruntusan salah satunya adalah kesalahan pemilihan skincare sehingga alangkah lebih baiknya bila Anda mengetahui cara mengatasi wajah brutusan.

Sebab terkadang ada begitu banyak jenis skincare yang tidak cocok untuk semua jenis kulit, sehingga mampu menjaadi menyebabkan munculnya jerawat kecil seperti bruntusan. Hal ini biasanya disebabkan karena ketidakcocokan kandungan skincare dengan jenis kulit Anda.

Sehingga sebaiknya Anda harus memilih perawatan kulit wajah yang cocok untuk kulit yang Anda miliki, sebab secara umum manfaat dari skincare adalah untuk membantu serta menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki sebuah masalah kulit seperti masalah jerawat maupun bekas jerawat.

Secara umum penyebab dari sebuah skincare mampu memberikan efek samping berupa kulit bruntusan karena terlalu banyak memakai berbagai jenis skincare ataupun gonta ganti skincare dari produk perawatan A menjadi produk perwatan kulit B sehingga merangsang jerawat tumbuh pada kulit wajah

Untuk jenis bruntusan yang diakibatkan oleh skincare sendiri bermacam – macam jenisnya dan setiap jenis jerawat ini memiliki cara penyembuhan yang berbeda – beda tergantung kebutuhan dari kulit itu sendiri.

Identifikasi Penyebab Wajah Bruntusan

Ada beberapa alasan atau penyebab mengapa kulit wajah tumbuh bruntusan setelah atau sesudah menggunakan sebuah produk perawatan wajah, Anda bisa menyimak informasi berikut ini agar Anda mampu mengetahui serta mampu menentukan cara mengatasi bruntusan berdasarkan penyebab dari hadirnya bruntusan tersebut.

Iritasi Kulit Wajah

Salah satu alasan mengapa wajah menjadi bruntusan karena penggunaan produk perawatan wajah adalah adanya iritasi pada kulit wajah, yang dalam dunia medis disebut dengan dermatitis kontak iritan, sebuah kondisi kulit wajah yang mengalami reaksi kulit umum setelah menggunakan produk perawatan yang baru dan belum dikenali oleh kulit Anda.

Baca Juga :  Cara Pakai Makarizo Hair Energy Yang Baik Dan Benar

Iritasi tidak akan terjadi bila kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit yang Anda gunakan cocok untuk jenis kulit Anda, namun apabila tidak maka Anda harus mengikuti cara mengatasi wajah bruntusan.

Adapun ciri-ciri dari adanya gangguan iritasi kulit ini adalah sensasi dari kulit serasa seperti terbakar, gatal, perih, ruam kemerahan, serta muncul bruntusan pada bagian wajah yang telah terkena skincare tersebut.

Biasanya bagian wajah yang akan muncul bruntusan akibat skincare adalah bagian kulit wajah yang biasanya tidak berjerawat, secara umum pada beberapa orang yang mengalami masalah iritasi kulit karena skincare disebabkan oleh kandungan AHA, kandungan wewangian, serta adanya tretion di dalam skincare.

Masalah Wajah Purging

Purging merupakan salah satu alasan mengapa terjadinya bruntusan pada bagian wajah yang telah terkena skincare, secara umum hal ini bisa terjadi setelah Anda baru saja menggunakan jenis produk skincare baru atau melakukan pergantian jenis produk skincare yang biasa Anda gunakan sebelumnya.

Purging itu sendiri merupakan sebuah proses pembersihan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah, setelah kulit mati terangkat maka akan tergantikan dengan sel kulit baru yang terlihat tampak lebih sehat.

Namun sayangnya sebelum sel kulit baru tumbuh maka akan lebih dahulu terlihat zat lain seperti minyak wajah yang berlebihan.

Dimana minyak wajah ini dapat menjadi resiko penyumbatan pori-pori kulit yang terbuka akibat purging dan menyebabkan timbulnya bruntusan dan bahkan bisa menyebabkan jerawat batu yang menyakitkan.

Penyebab utama terjadinya bruntusan akibat purging ini karena pada skincare yang Anda gunakan mengandung AHA, retinoid, retinol, tazarotene,benzoil peroksida, vitamin c, serta kandungan retinyl palmitate sehingga cara mengatasi wajah bruntusan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Baca Juga :  Cara Pakai Serum Scarlett yang Baik dan Benar

Untuk jenis bruntusan akibat purging ini bisa berlangsung lebih lama yakni sekitar 4-6 minggu lamanya, sehingga bila Anda terkena purging maka atasi dengan baik agar bisa membuat bruntusan sembuh lebih cepat.

Alergi Kulit

Adanya alergi kulit terhadap kandungan-kandungan dalam sebuah skincare juga bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan pada wajah.

Kondisi ini terjadi akibat adanya paparan zat alergen yang berasal dari sebuah kandungan bahan aktif skincare dibeberapa jenis skincare yang menggunakan kandungan ini.

Zat alergen pada skincare dapat berupa zat pengawet ataupun zat pewangi , serta zat lain seperti AHA, parabem, formaldehyde yang akan membuat kulit menjadi kemerahan, menjadi terasa gatal setelah digunakan, terjadi pembengkakan, dan bahkan bisa menyebabkan kulit menjadi melepuh.

Jika dalam pemakaian skincare Anda mengalami kulit kering dan muncul beberapa gejala seperti gatal dan wajah menjadi merah maka hal tersebut merupakan reaksi negative dari skincare yang Anda gunakan sehingga Anda wajib mengetahui cara mengatasi wajah bruntusan akibat penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan kulit.

Jerawat Hormon

Alasan dan penyebab terakhir mengapa pada wajah bisa muncul bruntusan akibat skincare adalah hormone yang Anda miliki. Ketika hormone tubuh Anda tidak baik dan Anda menggunakan sebuah produk skincare yang baru maka akan lebih rentan menyebabkan bruntusan dan bahkan jerawat besar.

Perubahan hormone bisa terjadi pada masa seperti waktu pubertas, mentruasi, atau ketika sedang PMS, namun bruntusan ini bisa hilang sendirinya tanpa perlu mendapatkan perawatan khusus. Jadi ketika Anda menstruasi tidak perlu heran jika pada wajah Anda tumbuh bruntusan ataupun jerawat sebab sedang terjadi ketidakseimbangan hormon.

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Salah Penggunaan Skincare

Dalam melakukan pengobatan penyembuhan wajah yang berjerawat akibat skincare maka Anda bisa melakukan beberapa langkah pengobatan berdasarkan tingkat keparahan serta alasan terjadinya bruntusan karena skincare.

Baca Juga :  rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat

Simak informasi berikut ini agar Anda tidak melakukan tindakan-tindakan salah yang justru bisa membuat bruntusan menjadi semakin parah.

Berhenti Menggunakan Produk Skincare yang Tidak Cocok

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah bruntusan akibat penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai adalah berhenti menggunakan produk skincare yang tidak cocok tersebut. Bila setelah penggunaan muncul tanda-tanda ketidakcocokan atau muncul bruntusan maka segera berhenti menggunakan skincare tersebut.

Bahkan sebaiknya bebaskan kulit Anda dari penggunaan-penggunaan zat aktif dan bahkan hentikan penggunaan segala jenis skincare ketika kulit Anda sudah menunjukkan gejala iritasi, purging, serta yang lainnya agar tidak memperparah kondisi.

Jangan Menyentuh Serta Memecah Bruntusan pada Wajah

Ketika wajah Anda mengalami bruntusan dalam tingkat ringan hingga parah jangan sekali-kali Anda nekat untuk memegang dan bahkan memecah bruntusan karena akan menyebabkan bruntusan menjadi semakin parah dan bisa meninggalkan bekas pada wajah.

Selai itu kulit wajah akan menjadi infeksi dan menjadi meradang jadi jangan sekali-kali Anda memegang ataupun memcah bruntusan jika tidak ingin membuatnya semakin parah.

Baca juga : rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat

Gunakan Sunscreen yang Tepat

Cara mengatasi wajah bruntusan yang terakhir yaitu dengan mengoleskan produk sunscreen maupun tabir surya pada bagian kulit wajah guna melindungi kulit dari kerusakan yang dapat disebabkan sinar matahari. Hal ini dikarenakan kulit wajah yang bruntusan bisa semakin parah bila terpapar sinar matahari secara langsung.

Untuk jenis sunscreen yang direkomendasikan yakni yang tidak mengandung minyak dan juga telah berlabel noncomedogenic agar tidak rentan menyumbat pori-pori.

Demikianlah informasi yang perlu dan penting untuk Anda ketahui mengenai cara mengatasi wajah bruntusan yang diakibatkan oleh penggunaan produk perawatan wajah yang salah pada wajah.