Breaking News
Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin

Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin

Garcep.com – Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin, bagi beberapa orang, kipas angin mungkin merupakan salah satu kebutuhan pokoknya.

banyak kelebihan yang dimiliki kipas angin dengan harganya yang cocok di kantong kebanyakan orang. Membuat kipas angin lebih diminati dan lebih laris di pasaran ketimbang saudaranya, yaitu AC.

Namun kipas angin bukanlah alat elektronik sempurna yang tidak dapat mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang paling sering dijumpai pada kipas angin yaitu diantaranya baut pada kipas angin kendor atau aus, sekring (fuse) pada kipas angin terputus, baling baling terbalik, kabel dinamo kipas putus atau terbakar, dan lain lain.

Salah satu kerusakan fatal yang dapat terjadi pda kipas angin adalah putus atau bahkan terbakarnya kabel dinamo kipas atau motor kipas. Kerusakan ini dapat menyebabkan kipas angin mati total.

Karena dinamo ini merupakan bagian paling penting pada kipas angin. Kerusakan ini dapat diatasi dengan menganti kabel yang rusak. Bagaimana cara menyambung kabel dinamo kipas angin

Pertama, yang harus kalian lakukan adalah membongkar seluruh cover atau penutup atau pelindung  kipas angin. Lepas juga bagian baling balingnya sehingga yang tersisa hanya tempat dinamo.

Kalian harus melakukannya dengan hati hati dan penuh perasaan karena kalau tidak bisa saja ada bagian dari kipas kalian yang patah.

Mungkin step pertama ini terdengar klasik, basic, dan pastinya dilakukan, namun jika kalian tidak melaksanakan step ini kalian tidak akan bisa lanjut ke step berikutnya.

Cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang kedua adalah buka bagian tempat dimana kabel dinamo kipas terpasang, cari letak kabel dinamo yng bermasalah.

Apabila memang benar terdapat kerusakan disana, seperti putus maka kalian harus melakukan beberapa langkah lagi seperti di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Email di Handphone dengan Mudah

Cara Menyambung Kabel Dinamo pada Kipas Angin

Tentukan Warna Kabel

Ada 4 kabel yang terdapat pada kipas angin, kalian harus mengamati kabel mana yang merupakan kabel untuk dinamo. Jangan sampai salah warna karena kesalahan kalian yang tidak teliti ya! Karena apabila kalian sampai salah warna maka kipas tetap tidak akan berfungsi karena sambungannya salah.

Tentukan Arah atau Fungsi Kabel

Empat kabel yang ada pada kipas angin gentu memiliki fungsinya masing masing. Setiap kabel akan terhubung dan cocok dengan satu bagan kipas.

Jadi cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang selanjutnya adalah mencari kabel mana yang merupakan kabel dinamo. Jangan sampai salah ya! Karena kesalahan yang kalin lakukan dapat menimbulkan konslet pada kipas.

Silangkan Dua Kabel Dinamo yang Terputus

Setelah kalian melakukan beberapa rangkaian cara di atas, ini adalah cara yang paling utama. Hati hati saat melakukannya karena bisa saja kabel tersebut masih mengalirkan listrik.

Atau jika kalian masih dibawah umur lebih baik minta bantuan orang tua atau orang yang lebih dewasa. pastikan kabel sudah benar dan benar benar terlilit dengan baik.

Cara menyambung kabel dinamo kipas angin selanjutnya adalah jangan lupa pasangkan kembali bagian bagian kipas yang kalian bongkar. Pasang dengan benar, baut bautnya tidak boleh ada yang terlewat. Jika ada yang terlewat bisa bisa muncul masalah baru pada kipasmu.

Nah, terakhir coba nyalakan kipas kembali. jika kipas belum juga menyala mungkin kalian melewatkan salah satu step atau kalian salah mengaplikasikan cara yang saya maksud.

Coba lagi bongkar kipas, jika merasa kesulitas mintalah bantuan orang dewasa. atau mungkin kalian memang harus mengganti kabel dinamo kipas.

Baca Juga :  7 Cara Memotong Video di Laptop dan Android

Tips Merawat dan Mencegah Kerusakan yang Biasanya Terjadi Pada Kipas

Mematikan Kipas Saat Tidak Digunakan

Kipas akan cepat rusak apabila terlalu sering digunakan. Apalagi jika kalian menggunakan kipas sepanjang waktu, jangan salahkan kipasnya apabila tiba tiba rusak ya! Selain dapat meminimalisir rusaknya kipas, menggunakan kipas seperlunya juga dapat menghemat energi listrik.

Bersihkan Kipas Saat Sudah Kotor

Apabila terlalu sering digunakan kipas akan cepat kotor, terutama bagian baling-balingnya. Debu yang menempel pada kipas dapat menghambat laju baling baling. Juga dapat membuat udara malah menjadi kotor.

Dengan sering membersihkannya, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan cara menyambung kabel dinamo kipas angin.

Hindari Terkena Tetesan Air

Hati hati saat membersihkan kipas. Jangan sampai kalian menggunakan lap yang terlalu basah, takutnya ada tetesan air yang terkena mesin atau kabel kipas. Karena akibatnya bisa bahaya seperti kipasmu konslet atau berasap.

Cek Kondisi Kabel pada Kipas

Kabel ini merupakan komponen penting pada alat elektronik, termasuk kipas. Pastikan kabel dinamo kipas kalian masih bagus. Jika kemungkinan sudah tidak bisa dipakai lagi atau sepertinya tidak berumur panjang kalian harus segera menggantinya.

Jangan menunggu rusak ya! Sebab nantinya kamu harus bisa mempraktikkan cara menyambung kabel dinamo kipas angin.

Begitulah cara menyambung kabel dinamo kipas angin. Semoga tips yang saya berikan bermanfaat dan membantu kalian yang memiliki masalah yang sama.

Jangan lupa juga untuk merawat kipasmu agar tidak cepat rusak, perbaikan kipas di tukang service tidak murah jika kalian tidak bisa memperbaikinya sendiri. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Pencariain berdasarkan kata kunci Cara Memasang Kabel Dinamo Kipas Angin,Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin,Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin Cosmos,Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin Maspion,Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin Yang Putus,Cara Menyambungkan Kabel Dinamo Kipas Angin,Cara Pasang Kabel Dinamo Kipas Angin,Cara Pasang Kabel Dinamo Kipas Angin Miyako,Cara Pasang Kabel Dinamo Kipas Angin Regency,Cara Sambung Kabel Dinamo Kipas Angin