Cara Reset TV Sharp Tabung yang Benar

4 Cara Reset TV Sharp Tabung yang Benar

Garcep.com – Cara Reset TV Sharp Tabung yang Benar, Sharp merupakan salah satu merek TV yang cukup populer di Indonesia. TV Sharp banyak dipilih mungkin karena kualitasnya yang bagus, dan juga harganya yang cukup terjangkau.

Selain itu, Sharp juga menyediakan berbagai jenis TV, termasuk TV tabung. Meskipun keberadaan TV tabung sudah mulai tergantikan dengan TV yang lebih canggih, seperti TV LED.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa televisi jenis ini masih banyak dipilih, karena harganya yang lebih terjangkau.

TV tabung Sharp juga tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Terkadang, keadaan seperti TV tidak ada suara, tidak menangkap siaran, dan yang lainnya. Keadaan seperti itu mengharuskan TV Sharp tersebut di reset atau dikembalikan ke settingan awal.

Nah buat kamu yang mungkin memiliki TV Sharp tabung bermasalah, dan mengaruskan meresetnya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Berikut kami uraikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk reset TV Sharp tabung.

Cara reset TV Sharp tabung

  1. Reset TV Sharp tabung menggunakan Remote

Nah cara ini mungkin yang paling umum untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan remote bawaan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan nyalakan dulu TV Sharp tabungnya

2. Setelah itu tekan tombol “Menu”

3. asuk ke “Setup”

4. Kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi “Reset”, dan tekan “Ok/Enter”.

5. Silahkan tunggu sampai proses reset selesai.

  • Cara reset TV Sharp tabung tanpa menggunakan remote

Nah buat kamu yang mungkin saja remote TV Sharp nya hilang atau rusak, kamu bisa menggunakan cara lain. Di sini kita akan menjelaskan cara meresetnya dengan menggunakan tombol switch yang menempel pada TV.

Baca Juga :  Cara Mengeahui Aktivitas Penguna WIFI

1. Silahkan tekan tombol Input + Volume Down yang ada pada switch control TV.

2. etelah itu, cabut tombol power dan tunggulah selama beberapa menit.

3. Pasang kembali kabel power tersebut, dan tunggulah sampai muncul huruf “K” di layar TV.

4. Kemudian, silahkan tekan tombol secara bersamaan tombol Menu + Volume Down.

5. Terakhir, kamu hanya perlu memilih apa yang kamu inginkan.

  • Reset TV Sharp tabung dengan kode recovery

Kode recovery ini bisa dikatakan kombinasi angka ajaib yang bisa mengatasi berbagai masalah TV yang mengharuskan untuk direset ulang. Cara melakukannya memang cukup mudah untuk dilakukan. Caranya hanya tinggal ambil remote, kemudian menekan tombol menu “Set” dan masukkan kode recovery TV Sharp, yaitu 2398.

  • Reset TV Sharp tabung menggunakan Mi Remote

Buat kamu yang mungkin saja remote TV Sharp nya hilang/rusak, dan switch kontrol yang ada pada TV juga rusak, maka harus memikirkan cara lain. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Mi Remote di smartphone-mu.

Tapi, tidak semua jenis hp bisa difungsikan sebagai remote. Hanya hp yang support infrared saja lah yang bisa menggunakannya. Cara mengetahui hp support infrared atau tidak juga cukup mudah dilakukan. Berikut cara-caranya

Menggunakan kode dial

  1. Buka menu telepon
  2. Ketik kode dial *#0*#
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman “General Test Menu”. Di sana akan ada banyak sekali menu-menu yang tersedia.
  4. Silahkan cari fitur yang bernama “IR LED”.
  5. Jika fitur tersebut ada, maka dapat dipastikan smartphone kalian support infrared. Dan jika tidak ada, maka smartphone kalian tidak support infrared.

Menggunakan aplikasi IR Test

Kode dial *#0*# mungkin saja tidak bekerja pada semua smartphone. Karena itulah, kamu perlu menggunakan cara lain untuk mengecek apakah hp mu support Infrared atau tidak. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi IR Test yang bisa kamu download di Play Store. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan buka Google Play Store, cari Aplikasi bernama IR Test kemudian Install.
  2. Setelah berhasil di install, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah aplikasi IR Test ini dibuka, maka akan langsung mengecek apakah hp mu support infrared atau tidak. Tunggu sampai proses pengecekan selesai.
  4. Setelah selesai, aplikasi tersebut akan langsung menampilkan informasi apakah hp mu support infrared atau tidak.
Baca Juga :  5 Cara Setting Acces Point TP Link Dengan Mudah

Setelah mengatahui bahwa hp mu support infrared, selanjutnya kamu tinggal mereset TV Sharp tabungmu menggunakan smartphone. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Google Play Store dan install aplikasi bernama Mi Remote controller
  2. Jika sudah selesai, silahkan buka saja aplikasinya.
  3. Kemudian pilih “tambah remote”.
  4. Pilih TV dan juga merek TV nya. Dalam kasus ini, silahkan pilih Sharp.
  5. Kemudian, kamu akan diberikan beberapa percobaan untuk mengetahui apakah remote nya bekerja atau tidak.
  6. Setelah percobaan berhasil, silahkan lakukan reset seperti langkah-langkah yang ada pada nomor 1.

Aplikasi remote TV lainnya

Selain Mi Remote controller, ada beberapa alternatif aplikasi remote lainnya yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah AnyMote. Aplikasi ini bisa mengontrol TV dan peralatan elektronik lainnya dari merek Samsung, Sharp, Panasonic, dan yang lainnya. Tapi sayangnya tidak support untuk semua merek smartphone, seperti tidak bisa digunakan pada hp Huawei dan Sony.

Aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 10 juta kali, dan mendapatkan rating 3,7/5 dari 59,2 ribu lebih ulasan. Selain itu, ukuran dari aplikasi ini cukup ringan, yaitu 14 MB saja. Tapi sayangnya developer AnyMote sudah tidak mengupdate aplikasi ini sejak 2018 lalu.

Demikianlah artikel mengenai cara reset TV Sharp tabung ini. Jika TV Sharp mu tidak bisa di reset menggunakan cara di atas, maka sebaiknya panggil teknisi saja biar masalahmu cepat teratasi.

Pencariain berdasarkan kata kunci Cara Reset Tv Sharp Tabung,Cara reset TV Sharp tabung,Cara Reset Tv Sharp Tabung Tanpa Remote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *