Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Di Pakai

Garcep.com – Apakah kalian sering mengalami Baterai HP kalian cepat habis padahal tidak di pakai sama sekali ? Yuk temukan jawaban nya di bawah ini.

Menjawab pertanyaan di atas tentunya sangat sensitif karena paktor penyebabnya sangat banyak tidak hanya dari 1 sektor saja, terlebih jika HP kalian sudah lama sampai bertahun tahun.

Bahkan prilaku kalian mengunakan HP sangat mempengaruhi contohnya HP di pakai sambil di charge, Baterai belum penuh sudah di cabut, belum lagi kondisi HP kalian yang panas, mari kita bahas satu persatu.

1. Prilaku charge yang tidak sehat

Penyebab baterai HP cepat habis pdahal tidak di pakai karena prilaku Charge kalian yang tidak sehat pasalya baterai HP perlu di Charge total dalam artian charge nya jangan sambil di pakai ya.

Jika perlu ketika di charge HP kalian dalam keadaan mati sehingga proses charge lebih maksimal dan daya tahan baterai akan lebih lama jika proses charge HP dalam keadaan mati total.

Selain itu Ketika HP kalian di charge dalam keadaan HP mati baterai HP kalian akan lebih sehat dampaknya umur Baterai HP kalian akan lebih tahan lama, sehingga meminimalisir kerusakan intinya lebih baik mencegah daripada mengobati.

2. Carge HP terlalu lama

Kebanyakan orang biasanya charge HP ketika akan tidur hal itu sangat baik karena otomatis HP tidak di pakai namun jika terlalu lama sampai semalaman, lama kelamaan Baterai HP kalian bisa rusak, bahkan sampai ngembung atau hamil

Namun setiap Baterai HP biasanya mempunyai kapasitas yang berbeda beda semakin besar daya baterai akan membutuhkan waktu charge yang semakin lama.

Normal nya charge HP 1 sampai 3 jam saja sudah cukup tapi balik lagi kepasitas baterai kalian membuthkan berapa jam sampai charge 100% tetapi jika terlalu lama akan menyebabkan Baterai HP jadi boros karena over kapasitas.

Baca Juga :  Cara Setting VPN Yang Benar Dan Aman

Penyebab baterai HP cepat habis pdahal tidak di pakai adalah Charge HP terlalu lama hal ini dapat memyebabkan Baterai dan HP kalian menjadi panas.

Solusinya adalah kalian harus mengontrol waktu charger bisa dengan mengunakan alarm, tetapi jika di rasa mengunakan alarm kurang maksimal kalian bisa membeli alat yang sedikit canggih.

Yaitu timer digital otomatis, alat ini akan membantu kalian Charge HP tepat waktu pasalnya timer ini bisa di setting kapan akan bisa nyala dan kapan harus mati, misalkan kalian Baterai HP kalian bisa penuh dalam waktu charge 2 jam.

Kalian tinggal seting timer nya akan mati pada 2 jam yang akan datang tentu nya alat ini sangat membantu sekali untuk proses charge tepat waktu kalian bisa beli timer otomatis ini di marketplace langganan kalian harga nya juga sangat terjangkau mulai dari 70 ribuan saja kalian sudah punya timer otomatis.

3. Terlalu banyak Aplikasi Terinstal

Semakin banyak aplikasi yang terinstal maka akan membutuhkan daya baterai yang besar maka dari itu kamu harus menghemat dengan cara menginstal aplikasi yang tidak terlalu penting.

Selain itu kalian perlu menghapus aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang karena aplikasi yang berjalan di latar belakang sangat banyak menguras baterai meskipun HP tidak di pakai.

Selain itu kalian harus mematikan fitur bluetooth,GPS,WIFI di latar belakang apabila tidak di pakai karena sangat mempengaruhi performa baterai.

4. Salah Mengunakan Jaringan

Jaringan yang di sebutkan disini tentuanya jaringan internet ya, karena di beberapa daerah banyak yang belum suport sinyal 4G, kenapa jaringan bisa mempengaruhi kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak di pakai ?

Baca Juga :  Cara Mendownload Video di Fb Menggunakan Aplikasi

Karena HP dengan otomatis akan selalu mencari sinyal 4G, nah ketika prose pencarian sinyal 4G tak kunjung di dapat HP akan panas dan membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Jadi sebisa mungkin kjika kalian berada di suatu daerah yang belun suport sinyal 4G alangkah baiknya mengunakan sinyal 3G saja selain bisa menghemat baterai akan memaksimalkan jaringan internet juga.

5. Umur Baterai HP yang Sudah Terlalu Lama

Bicara soal umur baterai yang terlalu lama sesungguhnya hal ini sangat relatif karena setiap baterai HP berbeda merk dan berbeda kualitas, tetapi balik lagi ke cara pemakaian kita apakah sudah benar atau malah salah.

Ciri ciri baterai yang sudah harus di ganti yaitu sudah tidak tahan lama atau bahasa gaul nya ngedrop. hal ini di sebabkan usia baterai yang sudah lama dan juga over charger.

solusinya ya harus segera di ganti karena jika tidak segera di ganti kerusakanya bukan hanya baterai saja bisa merembet ke komponen lain yang bersentuhan langsung dengan baterai.

Atau yang lebih parah bisa menyebabkan HP kalian bootloop, kondisi dimana ketika HP kaliain di nyalakan hanya mentok di logo merk HP kalian saja.

Nah itu dia beberapa paktor yang mempengaruhi penyebab baterai HP cepat habis meskipun tidak di pakai, semoga setalah kalian membaca artikel ini, kalian bisa lebih hati hati dalam merawat gadget kalin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *