Breaking News
Solusi Memperbaiki Kipas Angin Berputar Tapi Tidak Dingin

Solusi Memperbaiki Kipas Angin Berputar Tapi Tidak Dingin

Garcep.com – Solusi Memperbaiki Kipas Angin Berputar Tapi Tidak Dingin, Kipas angin menjadi salah satu barang elektronik yang cukup penting di rumah.

Setiap hari bagi para pemilik rumah yang kurang memiliki ventilasi udara, kipas angin menjadi solusi terbaik ketika gerah atau cuaca panas.

Namun pernahkah kamu mengalami kipas angin berputar tapi tidak dingin? Ini akan menjadi masalah yang akan dibahas dalam penjelasan berikut ini.

Apakah Butuh Ke Tempat Servis?

Masalah yang timbul cari kipas angin di rumah memang bisa kamu cari solusinya sendiri tanpa harus pergi ke tempat service. Sebenarnya penyebab utama ada pada bagian dinamo kipas angin.

Lamanya pemakaian dan usia kipas seringkali menimbulkan masalah di dalam penggunaannya.

Jika kamu belum memiliki pengalaman di bidang elektronik, jangan sampai terpaksa membuka sendiri semua bagian kipas angin.

Meski kerusakan bisa diperbaiki dengan cara mengikuti saran orang yang berpengalaman, bisa jadi masalah akan bertambah karena kipas malah berhenti berputar. Berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.

Solusi Mengatasi Kipas Angin Berputar Tapi Tidak Dingin

Mencoba memperbaikinya sendiri bisa menjadi alternative ketika dalam keadaan darurat. Selain belajar, bisa jadi kamu akan menemukan solusinya permasalahan kipas angin berputar tapi tidak dingin tersebut.

Namun untuk menambah pengalaman dan mengenal semua komponen kipas angin, berikut ini arahan yang bisa dijadikan acuan.

Bersihkan Kipas Angin

Ketika angin yang dihembuskan kipas angin mulai tidak terasa dingin, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkannya.

Bisa saja sejumlah kotoran yang menempel mengakibatkan baling-baling berputar menjadi kurang maksimal. Untuk melakukan langkah ini caranya adalah:

  • Pastikan lebih dulu tidak ada aliran listrik yang mengarah ke kipas angin. Atau lebih amannya cabut kabel kipas angin dari steker listrik.
  • Selanjutnya silakan membongkar baut yang mengunci bagian luar kipas angin. Lepaskan sangkar depan.
  • Mulailah melepas pengunci baling-baling. Yang perlu anda perhatikan adalah arah putaran baut knop yang terpasang. Jangan sampai terbalik karena bisa saja merusak bagian baut.
  • Keluarkan baling-baling, siapkanlah wadah untuk mencuci baling-baling.
  • Gunakanlah sabun dan air, serta bilas sampai bersih.
  • Sebelum memasang silakan mengeringkannya menggunakan lap kain yang bersih. Karena perangkat elektronik memang harus dijauhkan dari air untuk mencegah adanya konsleting.
  • Bersihkan lebih dulu bagian sangkar belakang juga. Setelah semuanya bersih silakan mulai memasangnya sama seperti awal melepaskannya.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan di Handphone dengan Mudah

Perlu kamu ketahui jika putaran baling-baling lama kelamaan terpengaruh jika sudah banyak kotoran yang menempel di sana. Terlebih udara yang dihembuskan sangat berkaitan dengan kondisi baling-baling tersebut.

Hembusan angin menjadi tidak dingin karena kotoran yang menempel pada motor membuat udara yang keluar tidak stabil.

Memeriksa Kapasitor

Jika kipas angin berputar tapi tidak dingin coba periksa kapasitornya. Bagian ini memang sangat mempengaruhi putaran dari baling-baling kipas angin.

Kondisi yang sudah usang memang membuat bagian kapasitor cepat panas. Dan dampaknya adalah embusan angin yang keluar sama sekali tidak dingin.

Untuk mengecek bagian kapasitor kipas angin, cobalah untuk memutar bagian baling-baling manual. Kipas angin yang sering macet juga bisa menjadi pertanda jika kapasitornya memang sudah mulai rusak atau gosong. Jika dibiarkan lama-kelamaan putaran baling-baling semakin menurun.

Mengecek Bagian Baling-Baling

Solusi kipas angin berputar tapi tidak dingin adalah memeriksa bentuk baling-baling. Selama ini dingin tidaknya hembusan angis akan dipengaruhi bentuk dari baling-baling. Untuk membuktikannya silahkan membandingkan dengan kipas angina lain dirumah.

Lengkungan baing-baling yang sudah tidak normal akan memberikan efek hembusan angina tidak lagi optimal. Seharusnya bagian baling-baling akan menghadap kedepan atau lurus. Baling-baling yang sudah mulai bermasalah akan sedikit miring.

Sebenarnya setiap masalah bisa ditemukan dengan beberapa langkah sederhana. Hanya saja kamu memang harus lebih sering mengecek kondisinya apalagi jika kipas yang ada di rumah atau kantor kamu sudah lama digunakan. Semakin termakan usia prinsip barang elektronik fungsinya akan menurun.

Itulah beberapa solusi mudah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kipas angin berputar tapi tidak dingin. Dengan memahami penjelasan diatas maka kamu akan semakin cepat inti dari setiap pemasalahan kipas angin. Semoga menginspirasi!

Baca Juga :  Cara Memasang Pompa Air Yang Baik Dan Benar