Breaking News
Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja

Sebagai bentuk perawatan pada wajah, seorang remaja perlu mengetahui perihal urutan skincare pagi dan malam untuk remaja.

Hal ini perlu karena seperti yang kita ketahui, masa remaja adalah masa dimana hormone dan aktifitas pada lingkungan sarat polusi menjadi pemicu banyak gangguan pada wajah.

Gangguan pada wajah para anak remaja biasanya adalah jerawat, kulit kusam dan banyak pori-pori besar.

Hal-hal tersebut meskipun tidak membahayakan kehidupan, namun tetap saja akan mempengaruhi perasaan seorang remaja.

Beberapa remaja yang mengalami gangguan pada kulitnya akan merasa minder, bingung dan juga tertekan.

Maka, untuk mencegah atau setidaknya mengurangi, para remaja perlu lakukan rutin skincare yang tepat.

Namun, sebelum menjalani urutan skincare pada pagi dan malam untuk remaja, ada baiknya bila mengetahui jenis-jenis kulit untuk mengetahui jenis skincare yang perlu dipakai dan tidak.

Ketahui Dahulu Jenis Kulit Kamu!

Setidaknya, terdapat 4 jenis kulit wajah yang dimiliki setiap orang. Masing-masing jenis kulit wajah akan menentukan jenis skincare apa yang perlu dan tidak perlu dipakai agar rutin skincare kamu tidak sia-sia.

Kulit dengan Tipe Normal

Remaja dengan kulit yang tergolong normal akan memiliki warna yang merata, tidak berminyak ataupun juga tidak kering. Selain itu, pori-pori yang ada tidak terbuka lebar sehingga tidak terlihat. Untuk Kesehatan kulit, jenis kulit yang normal memiliki kemampuan memproduksi sebum yang seimbang.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Kulit dengan Tipe Berminyak

Remaja dengan kulit berminyak akan memiliki banyak masalah soal jerawat dan pori-pori yang terlihat jelas saat kulit berkilau. Jenis kulit yang berminyak memproduksi sebum dalam jumlah yang sangat banyak hingga berlebihan dan menyebabkan menyumbatnya pori-pori.

Baca juga : rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat

Kulit dengan Tipe Kering

Kulit yang kering akan terlihat kusam, warna tidak merata, kering dan terkadang menimbulkan rasa gatal. Seperti namanya, kulit yang kering tidak mampu memproduksi sebum dalam jumlah yang wajar sehingga kulit tampak kering dan bersisik.

Kulit dengan Tipe Kombinasi

Seperti namanya, kulit kombinasi adalah jenis kulit dengan tipe banyak minyak juga kering. Remaja yang memiliki kulit jenis ini biasanya memiliki produksi minyak berlebih di bagian zona T yang meliputi hidung dan dahi. Sedangkan bagian wajahnya yang kering terletak pada bagian pipi dan dagu.

Ya, meskipun remaja memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan masalah kulit yang berbeda pula, tidak ada halangan bagi mereka masing-masing untuk membuat kulit wajahnya sehat. Maka dari itu, perlunya mengetahui urutan penggunaan skincare pada pagi dan malam hari agar dapat mengetahui caranya membuat kulit tampak sehat.

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja di Pagi Hari

Sebelum memulai kegiatan dan diterpa banyak hal yang bisa membuat kulit rusak, ada baiknya remaja melakukan urutan skincare seperti berikut ini :

Cuci Muka agar Wajah Dapat Bersih Menyeluruh

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebagai remaja yang aktif di luar ruangan untuk menjaga Kesehatan kulit wajahnya adalah dengan mencuci muka sehingga muka dapat bersih secara menyeluruh.

Mengapa perlu membersihkan muka pada pagi hari sedangkan sebelumnya kamu tidak ada kegiatan pada malam hari? Cuci muka pada pagi hari berfungsi untuk menyingkirkan minyak yang timbul saat kamu tidur semalaman.

Selain itu, cuci muka dapat mempersiapkan kulit kamu untuk menerima serangkaian skincare.

Baca Juga :  Cara Pakai Makarizo Hair Energy Yang Baik Dan Benar

Dengan begitu, skincare yang kamu pakai pun bisa meresap sempurna. Untuk skincare cuci muka pada pagi hari, disarankan untuk menggunakan dasar busa yang lembut.

Menggunakan Toner guna Memperkecil Ukuran Pori-pori

Setelah itu, kamu bisa menggunakan toner yang mana berguna untuk memperkecil ukuran pori-pori pada wajah dan membantu skincare selanjutnya mudah untuk menyerap pada kulit wajah. Karena tentu tidak jarang kamu mendengar seorang remaja yang tidak percaya diri dengan adanya pori-pori besar pada wajahnya.

Ya, pori-pori yang besar bisa mengganggu  penampilan seseorang. Nah, untuk penggunaan toner yang aman, kamu perlu memilih toner yang tidak memiliki kandungan alkohol dan bahan kimia lainnya.

Karena kandungan alkohol bisa mengundang iritasi dan rasa panas yang sering kali tidak nyaman pada wajah.

Gunakan Moisturizer untuk Melembabkan dan Menyehatkan Kulit

Bagi kamu yang memiliki tipe atau jenis kulit wajah yang kering, mouisturizer sangat dianjurkan untuk kamu gunakan. Hal ini agar wajah kamu terlihat lembab dan sehat.

Karena mouisturizer memiliki bahan-bahan yang membantu kamu memiliki wajah yang lembab.

Namun, kamu tentu tidak boleh memilih sembarang moisturizer. Usahakan untuk memilih moisturizer tanpa ada kandungan minyak dan juga yang ringan.

Dengan menggunakannya sebelum beraktifitas di luar, wajah kamu tidak hanya tampak sehat dan segar, namun juga dapat terlindungi dari pengaruh luar.

Tabir Surya untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Seperti yang kita ketahui, meskipun manusia membutuhkan sinar matahari, namun sinar matahari dapat juga merusak kulit. Ya, terdapat sinar UV yang dapat membahayakan Kesehatan kulit dan kamu harus menggunakan tabir surya.

Terlebih lagi bila kamu sangat aktif di luar ruangan, tabir surya dengan kandungan SPF 35 sangat kamu butuhkan. Namun bila kamu lebih banyak aktif di dalam ruangan, SPF 15 sudah cukup baik untuk melindungi kulitmu.

Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja di Malam Hari

Setelah melalui banyak aktifitas selama seharian, kulit wajahmu butuh perawatan juga, khususnya pada waktu sebelum tidur. Nah, berikut ini urutan skincare yang bisa kamu lakukan pada malam hari menjelang tidur.

Baca Juga :  Urutan Pemakaian Skincare Emina Brihght Stuff

Gunakan Face Wash untuk Membersihkan Muka Secara Menyeluruh

Seperti pada pagi hari, malam hari pun wajahmu perlu dibasuh dengan facewash. Tentunya kamu tahu apa alasannya. Ya, karena wajahmu sudah banyak menghadapi polusi, keringat, minyak, debu dan hal-hal lainnya yang dapat merusak wajahmu.

Untuk malam hari, kamu bisa memilih face wash dengan busa tanpa kandungan sabun.

Namun, bila kamu menggunakan riasan dalam waktu cukup lama, kamu bisa membersihkannya dengan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak agar riasan serta kotoran yang menempel pada wajah dapat hilang.

Lakukan Eksfoliasi Kulit untuk Menyingkirkan Sebum Berlebihan

Nah, bila kamu memiliki wajah dengan tipe berminyak dan memiliki banyak kegiatan di luar ruangan, tentu saja wajahmu akan memproduksi banyak minyak. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi agar sebum atau minyak berlebih dapat dihilangkan.

Lakukan ini pada malam hari sebanyak 2 kali seminggu saja agar pori-pori kamu tidak tersumbat dan mencegah hadirnya jerawat dan komedo.

Baca juga : Cara Pakai Shett Mask yang Baik dan Benar

Gunakan Toner untuk Mengecilkan Pori-pori Pada Wajah

Toner berguna untuk membersihkan sisa residu yang tidak dapat dijangkau oleh facewash. Maka dari itu, toner bisa disebut sebagai senjata kedua untuk menyingkirkan hal-hal yang bisa merusak wajah kamu.

Dan untuk kamu yang wajahnya tipe berminyak, toner wajah dapat membantu melarutkan minyak berlebih pada pori-pori yang akan mencegah terjadinya jerawat dan komedo yang baru.

Gunakan Moisturizer agar Kulit Tetap Terawat Saat Tidur

Kemudian, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan sebelum tidur adalah memberi wajahmu nutrisi yang akan menyehatkan serta menjaga kulitmu tetap sehat dan lembab. Hindari mouisturizer dengan bahan minyak agar produksi minyak pada wajah saat tidur dapat dikurangi.